Powered By Blogger

Senin, Juli 02, 2007

Candy - A perspective of 3 men in female’s life

Aku menulis cerita ini di sela-sela menonton sinetron Candy di RCTI. Belakangan ini, Sinetron Candy meraih rating yang lumayan tinggi di jagad persinetronan Indonesia.

Bukan aneh lagi kalau ternyata cerita sinetron ini mirip plek plek sama manga Jepang yang berjudul Candy Candy – sebuah manga klasik Jepang yang muncul tahun 1975 karangan penulis Kyoko Mizuki dan manga artist Yumiko Igarashi itu. Awalnya aku memang enggak mau nonton sinetron ini karena takut akan merusak kenangan indah yang tercipta oleh manga itu di masa kecilku dulu. Tapi bombardir cuplikan sinetron ini membuatku tergoda jua. Kalau ada yang pengen tahu cerita lengkapnya, buka aja cerita Candy Candy di sini.

Voila! Aku akhirnya menunggu setiap episodenya diputar. Bahkan aku juga berniat untuk mencari komiknya di rental komik dekat kost, tapi berhubung sibuk dengan 4 paper yang ga kelar-kelar, tertundalah semuanya. Tapi tak bisa dipungkiri, sinetron ini membangkitkan lagi sebuah mimpi di masa kecil yang sudah lama tertidur. Maklum, manga Candy Candy adalah manga pertama yang kubaca.

Aku tidak akan membahas detail tentang ceritanya. Tapi membahas tiga laki-laki yang datang dan mengenalkan cinta pada Candy.

Anthony Brown adalah lelaki pertama yang Candy suka, sekaligus lelaki pertama yang membuatnya menangis karena patah hati. Anthony adalah lelaki yang baik hati, ramah, lemah lembut, dan penyayang. Sosok Anthony adalah representasi setiap gadis-gadis kecil di masa kecil mereka yang penuh impian akan pangerang dari negeri dongeng. Anthony merupakan sosok sempurna yang serupa pangerang tanpa cela dengan segala kebaikannya. Setiap gadis kecil memang akan bermimpi untuk memiliki a perfect prince, dan inilah yang digambarkan si pembuat cerita dalam sosok Anthony Brown. Sayangnya, di dalam manga ini, Anthony meninggal karena jatuh dari kuda (kalau di sinetronnya, jatuh dari motor – a little touch of modernization).

Terence Grandchester, dipanggil Terry, adalah lelaki selanjutnya yang datang di kehidupan Candy sepeninggal Anthony. Mereka bertemu di sekolah asrama. Terry ternyata 180 derajat berbeda dari Anthony. Terry adalah sosok pemberontak, bandel, pemarah, dan cuek. Sikapnya ini dipengaruhi oleh trauma atas perilaku ibunya yang sejak kecil meninggalkan Terry sendiri. Terry adalah representasi dari kecenderungan lelaki yang disukai oleh gadis-gadis yang menginjak usia remaja, seperti Candy waktu bertemu Terry. Kebanyakan abege-abege cewek mengaku kalau mereka lebih suka cowok yang sedikit bandel daripada pacaran dengan cowok yang baik hati. Ada unsur tantangan dalam menaklukan cowok pemberontak seperti itu. Apalagi usia remaja adalah pusat di mana segala kenakalan masa hidup berada, jadi masa remaja dianggap akan lebih sempurna bila memiliki partner yang sama tengilnya.

Ini memang bentuk representasi saja dan bukan alasan utama Candy mencintai Terry. Terry memiliki kesedihan yang sama yang Candy miliki setelah ditinggal Anthony; kesedihan yang timbul karena ditinggal orang yang dicintai. Satu sama lain akhirnya mengisi kekosongan di hati pasangannya dan membuat perasaan Candy pada Terry jauh lebih kuat ketimbang perasaannya pada Anthony. Banyak yang menganggap bahwa Terry adalah cinta sejati Candy, walaupun akhirnya kandas. Seorang gadis menolong Terry dari lampu panggung yang jatuh dan kaki gadis itu terpaksa diamputasi. Terry akhirnya lebih memilih menikahi gadis itu dan perpisahan mereka menjadi satu titik yang benar-benar mempermainkan emosi pembacanya. Kesedihannya menjadi berlipat. Candy tidak bisa memiliki Anthony karena Anthony memang meninggal. Namun sekarang, Candy tidak bisa memiliki Terry padahal Terry masih hidup dan mereka sama-sama saling menyayangi.

Ketika Candy terombang-ambing dalam kesedihannya, Albert memang selalu ada untuknya. Albert yang baik hati, selalu menyediakan tempat untuk Candy berbagi kesedihannya, dan dia memang ternyata adalah paman Anthony (adik dari ibunya Anthony), yaitu William Albert Ardlay (di versi Indonesia, Ardlay jadi Audrey). Sejak dulu Albert memang tak pernah membuka jati dirinya karena dia tidak terlalu menyukai ketenaran nama keluarganya dan lebih suka hidup merakyat dan berpetualang. Bahkan, ternyata Albert adalah pangeran yang Candy temui di bukit rumah panti asuhannya ketika dia kecil dulu. Pangeran yang menghiburnya dengan pakaian adat lengkap ala skotlandia plus kilt-nya, bagpipe, dan kalimat kebangsaan di cerita ini : “Little girl, you are much prettier when you smile...” Albert adalah pangeran yang pada awalnya Candy kira adalah Anthony karena kemiripan wajah mereka berdua.

Albert adalah representasi dari sosok yang dicari seorang gadis ketika mulai meninggalkan masa remajanya dan tumbuh menjadi wanita dewasa. Lelaki yang penyayang, bisa mengayomi, dan melindungi, serta bersikap lebih dewasa dalam segala hal. Albert memang selalu ada untuknya sejak sebelum dia mengenal Anthony sampai detik itu dan selalu menghiburnya ketika dia sedih.

Sepertinya penulis memang sengaja memberikan tahap-tahap percintaan yang menggambarkan secara umum bagaimana para gadis di seluruh dunia memilih orang yang mereka cintai. Mungkin sebagian dari kita juga pernah memilih sosok Anthony di masa kecil, sosok Terry di masa remaja, dan sosok Albert di masa dewasa nanti.

15 komentar:

mbakanggun mengatakan...

Buseeeet,... gambar yang paling susah dicari itu gambarnya pak Albert 'n gambar yang paling gampang dicari itu gambarnya mas Terry ... Kenapa siiiih?

Anonim mengatakan...

gue paling suka sama terry dari dulu sampe sekarang...

nakal, tapi romantis :x:x:x bener-bener cowo impian gue.. yg lebih menyedihkan adalah waktu candy ga bisa sama terry cuma gara2 terry merasa bertanggungjawab ngawinin lawan main teaternya yg jadi cacat.

Padahal cinta terry kan buat candy..
antony gak ah.. lemah bgt.. albert.. huuuuu... mosok sama albert cuma gara2 mirip anthony...

gue suka terry!!!

mbakanggun mengatakan...

Pembelaan:

Sebenarnya, Anthony yang mirip sama Albert, kan Albert itu pak-liknya

Trus Albert itu baiiik banget, mengayomi, trus he's always be a shoulder to cry on tiap kali Candy sedih.

Tapi gapapa,... kan namanya tiap orang punya pangerannya sendiri2 hehehe...

coDOT mengatakan...

aarghh.. mimpi buruk buat gw... jadi cowok impian endah !!

mbakanggun mengatakan...

Hahaha,.. iya mirip sih... lo sama Terry sama2 gondrong, bur! Asal si Endah ga ngamuk2 n murka aja pangerannya disamain sama elo :p

Anonim mengatakan...

tidaaaaaaaaaaaaaaak... kau sama sekali ga mirip terry gus..

Tapi gue setuju banget sama teori anggun. Mau gak mau emang keknya perempuan melalui tahap itu.

walaupun di lubuk hati yg dalam gue tetap mendambakan seorang terry. Tapi toh akhirnya cowo gue, atau ternyata gue butuh sosok albert.

Sebagian orang melalui 3 tahap ini. Tapi ada juga yg loncat dari terry langsung ke albert.

Mungkin karena pada akhirnya manusia makin tua, mikir kebutuhan akan safety zone.. dan seorang albert nyediain itu.

Pada akhirnya hubungan yg ada adalah saling ngerti aja, tapi greget ga terlalu ada ga kek sama terry.

Beruntunglah kalo ada cewe yg udah dapet cowo kek terry, tapi pada akhirnya cowo kan dewasa juga, dan akhirnya punya sikanya albert...

duh mumet gue...

mbakanggun mengatakan...

jadi penasaran... kalo Burung itu tipe yang mana yaaa?

Unknown mengatakan...

bknkah ada ungkapan cinta pertama seorang wanita akan tetap diingat. nah albert itu aka pangeran bukit poni dialah cinta prtama candy sejak awal bknkah udh jelas jalan candy lurus menuju albert dr awal dia msk kedalam keluarga audrey albert menginginkan candy menjadi seorang lady supaya candy bisa menyesuaikan diri bila suatu saat nanti mereka bersama secara albertkan berasal dr keluarga bangsawan. karena kemiripan anthony dengan pangeran bukit poninya itulah yg membuat candy menjadi bagian dari keluarga bangsawan itu secara tidak langsung candy terus mengigat sosok pangeran bukit poninya. dan alasan candy menjadi perawat adalah surat yg ditulis albert saat dia berada di afrikan alberrt adalah seorang dokter dia menolong banyak orang sadar atau tidak itulah alasan candy menjadi seorang perawat karena albert. saat albert hilang ingatan dan andy yg merawat dia bukankah albert yg hilang ingatan itu jatuh cinta kepada candy. dan yang paling penting adalah lengan yg hangat itu lengan albert siapa sih ce yang ga mau bersandar dalam lengan hangat hanya albert yg dibilang candi mempunyai lengan yg hangat. dan saat mereka bertemu kembali dibukit poni itu jelas sdh bahwa lengan candy menyambut pelukan albert THEY MEANT TOGATHER hahaha. buat penggemar terry terimalah kalau candy dan terry ga jodoh (walau sebenernya aku jg ga au ada ssok albert) tapi saat candy melepaskan terry untuk susanna saat itu jg semua perasaan candy buat terry hanya menjadi kenangan dan candy jg berkata bahwa terry adalah kenangan terindah dalam masa laluku tapi aku tidak hidup dalam masa lalu itu g dia katakan kepada susanna. dan buat penggemar terry susanna dan terry ga pernah menikah mereka cma tunangan karena susanna meninggal karena sakit.

Unknown mengatakan...

pengen banget sinetron candy di tayangin lagi,kalau bisa tayangnya malem biar gak di tegur.sinetron dulu,ada sedih,seneng,marah,baper,uuuu,,,,ada klimaksnya juga,feel dapet,love....love....

Rere by happy forever mengatakan...

Cerita candy tak pernah lekang oleh waktu meskipun aku tambah tua tapi nostslgia jaman remaja tak pernah lengkap tanpa candy dan yang mengganjal sampai sekarang kenapa candy gak sama terry aja

Candy fans mengatakan...

@Annastasia Putri, sepertinya sudah baca versi novel Candy Candy Final Story ya? Tapi bukan Albert yg memberi izin Candy u/ sekolah keperawatan melainkan George. Albert memutuskan komunikasi dari semua keluarganya termasuk George u/ dapat terlepas dari ketatnya pengawasan terhadap dirinya. Dia ingin uji kemampuannya sendiri tanpa bantuan keluarga. Albert hanya kirim surat 1x pada Candy saat di Afrika. Dan hal lainnya yg saya ketahui yaitu Albert juga baru baca diary Candy saat kembali ke keluarga Ardlay setelah pulih ingatannya.
Cerita Candy sebagai penyeludup baru diketahui setelah Albert mengembalikan diary Candy, lebih tepatnya saat mereka berdua mendapat kunjungan dari ayahnya Anthony. Ini diketahui dari novel versi lamanya. Saat itu Candy & Albert sudah jadi sepasang kekasih V(^_^)V

Unknown mengatakan...

Candy & Terry berhak bersatu. Di antara mereka udah banyak tangis & pengorbanan, sekarang saatnya mereka bahagia bersama. Semoga anohito-nya adalah Terry. Tetep ngarep.. hehe.. Albert menurutku sosok seorang kakak buat Candy. Tapi cinta sejati Candy adalah Terry 🥰

Anonim mengatakan...

Jangan ketinggalan novel Candy2 terjemahan ofisial Prancisnya ya fren2 semua disini! Sensei Nagita smpai datang lho ke peresmian bukunya!Karena ditujukan u/ pembaca young adult, terjemahannya dibuat agar lebih mudah u/dipahami pembaca generasi baru. Dgn kata lain, isinya blak2an shg sangat jelas tanpa ambiguitas lagi. Dari cover bukunya saja sudah 'to the point' bangetz ttg protagonis male-nya siapa. So, cari tahu ya fren2 semuanya! ;-)

Salam dariku,
Fitri

Unknown mengatakan...

Penasaran sm protagonis male nya Candy

Anonymous mengatakan...

Skrg begini.. CT (Candy Terry) forum sudah bubar krn mbak Nila sebagai pendirinya sdh terbuka mata hatinya setelah betemu pengarang Candy Candy dan sempat berbincang2. Dia memutuskan untuk meluruskan kembali cerita Candy Candy yg sebenarnya. Karena pengikutnya banyak yg krcewa, akhirnya bikin forum lain lagi. Kasiaan.. Lalu akhir2 ini juga grup & page Itali jg meminta maaf dikarenakan semua berawal dari fans asal Itali yg mengecohkan jalan cerita Candy Candy dg membuat video yg dipercaya banyak orang sebagai ending Candy yg bersatu dg Terry. Merekapun berusaha meluruskan kembali jalan cerita yg sebenarnya. Usaha berat dan salut banget dg mereka. Penerbit Arechi Manga pun berjuang keras untuk membuka mata fans berbahasa Spanyol u/ memahami cerita sebenarnya dari Candy2. Sampai2 dari pihak penerbit bersedia u/ diwawancara. Pihak penerbit sebelumnya pun menghubungi agen Keiko Nagita u/ bertanya hal2 yg banyak dipertanyakan fans. Nah, tinggal leader fans Terry satu lahi yang masih bebal. Dia adalah Lady Gato. Sampai sekarang masih menyesatkan fans Candy dg analisanya yg tdk masuk akal. Kalau baca pasti ngakak abizz..