Senin, Maret 20, 2006

Katakan siapa yang salah,...


Kemaren, sehari yg lalu, tgl 22, di kantin kampus kijang universitas tercinta gw, gw ketemu sama Nining, senior di kampus tapi sepantar di segi umur,... temen kerja di eks kursus gw dulu,... kasih tau perkembangan di eks tempat gw mencari nafkah dulu. Di foto ini, Nining itu yang paling pinggir sebelah gw,...

Ada temen gw yang apply ke kursus itu, udah sign kontrak untuk setahun, dan udah beberapa minggu ngajar untuk level Kindergarten-1,... eh, entah karena gak betah, entah karena berat di ongkos, entah karena bentrok sama waktu,... dia minta berhenti.

Maka murkalah si empu-nya kursus. I know her,... kinda strict type of person,... a type of person that messing up with her is the last thing you tend to do,... dia ngancam bakalan nuntut temen gw,... weks!!! Merembet ke meja hukum nih,...

Gw ga tau kelanjutannya, apa temen gw jadi dituntut, atau gimana,... Niningnya keburu kabur karena langit gerimis dan dia harus buru-buru pulang. The most shocking one,... si empu-nya kursus sibuk nge-blacklist temen gw itu,, bahkan dibela-belain nelepon ke ka-jur agar kalo ada job-offering buat temen gw, kajur gw itu gak merekomendasikan temen gw itu,... Tambah rumit eeeuyyy,...!

Kata Ayi, temen gw yg bareng-bareng pergi ke interview kerja di sana - bedanya dia gak jd masuk dan gw terjebak di sana slama 4 bulan - berpuji syukur dia gak jadi mencari nafkah di sana. Dia bilang ada firasat gak enak tentang sistem kontrak di sana. Hmmm,...

Gw gak tau ya,... sepanjang gw baca kontrak di sana,... gak ada masalah kok. It's a professional contract yang balance di kedua pihak. Gw akui itu. Mungkin temen gw itu memang belum siap dengan situasi kerjanya. Mungkin pikirnya "ya udahlah, part time ini,... big deal,... " As a matter of fact, yes, it's a big deal. Kontrak kan jaminan kita supaya hak-hak kita gak dilecehkan, walaupun itu cuma sekedar part-timer [emosi amat gw,...] Temen gw jelas salah dengan melanggar kontrak yg jelas-jelas ditandatangani dengan penuh kesadaran tanpa paksaan di bawah todongan golok,... Kenapa jadi gak profesional gt???

Tapi apa bener juga tindakan si empunya kursus dengan menyebarkan kejadian ini, sampai akhirnya tembus ke ruangan ka-jur,... black-listing people for getting their opportunities is so cruel,... Temen gw masih 20 tahun,... masih muda banget,... kalo di black list gt,... bagaimana nasib dia nanti???

Siapa sih yang salah?

PS : Kerja - mencari sesuap nasi dan seraup berlian - itu susah banget ya,... kayak gw nih, sekarang jobless. Mo part-time kebentur waktu kuliah yg naudzubillah, mo freelance ya susah kepentok sama the enormous power named laziness,...

1 komentar: