Jumat, Juni 17, 2011

Devour - Horor Ganteng Agak Nanggung


Judul : Devour (2005)
Pemain : Jensen Ackles, Shannyn Sossamon, Dominique Swain, William Sadler
Sutradara : David Winkler
Penulis : Adam Gross, Seth Gross

Salahkan Jensen Ackles kalau akhirnya aku nonton film Devour ini sampe jam 2 pagi. Aku suka banget sama karakter Dean Winchester di Supernatural, makanya waktu lihat ada film horor berbintangkan dia, aku jadi berekspektasi tinggi sama film ini.

Jadi cerita dibuka oleh Jake Gray yang mulai berhalusinasi (dia sebutnya bermimpi) dalam keadaan sadar. Imaji pertama adalah ia memasuki sebuah pondok reyot di tengah hutan dan menemukan seorang wanita tak berbusana sedang menangis di sana. Saat membalikkan tubuh wanita itu karena ingin menolong, ia malah diserang seekor ular putih. (Sayangnya bukan drama Pai Su Chen ya?)

Jake Gray yang notabene seorang mahasiswa baik-baik dari keluarga Kristiani yang kuat punya dua teman kecil yang bermasalah yaitu Conrad, seorang pemadat yang setengah gila dan Dakota, seorang gadis dengan masa lalu pelecehan seksual. Mereka pun akhirnya terlibat permainan komputer, The Pathway. Selain itu, Jake rajin mengunjungi ibunya di sebuah nursery house karena ibunya yang lumpuh dirawat di sana. Ia pun menjalin hubungan dengan perawat cantik bernama Marisol yang suka membaca kartu Tarot.

Alur bergulir karena The Pathway ternyata sebuah permainan setan. Mereka akan mempermainkan isi benak mereka dengan mewujudkan keinginan terburuk mereka (baca:dosa). Satu persatu orang yang Jake kenal mati bunuh diri dengan mutilasi setelah menghabisi musuh pribadi mereka, mulai dari Conrad menghabisi teman kampusnya lalu bunuh diri, Dakota membunuh dosen yang melecehkannya lalu bunuh diri, dan Pamannya, Paman Ross mati misterius di kecelakaan mobil.

Jake curiga ada campur setan di dalam permainan The Pathway. Ia menemui Ivan Reisz, konsultan dunia mistis, yang mengantarkannya pada fakta bahwa Aidan Kater, mantan murid Ivan yang menjadi dalangnya. Istri Ivan, Anne Kilton yang sedang hamil tua dulu pernah dijadikan korban persembahan pada setan.

Dan sampailah di ujung cerita kalau ternyata Anne Kilton ternyata adalah setan itu sendiri dan menyamar menjadi Marisol. Waktu itu Anne ternyata sempat melahirkan (yup, literally giving birth to a human baby, which sounds ridiculous), dan anak itu dibawa kabur sepasang suami-istri Kristen taat, dan diberi namaJAKE GRAY. Si mama setan ini membunuh semua keluarga Jake yang tersisa dan memaksa Jake meminum darah mereka untuk bisa menjadi setan seperti dirinya. Walau dipaksa dengan mulut dibuka dan digelontorkan secawan darah, batin Jake tetap menolak. Mama Setan "terperanjat" dan "menatap nanar" (eh ini sungguhan ada di filmnya lho). Keesokan paginya, Jake terbangun dengan mulut bersimbah darah dan dijemput polisi karena kasus pembunuhan berantai.

Saat dimasukkan ke dalam mobil polisi, Jake merenung. Benarkah ini hukuman dari setan karena dirinya tetap ingin menjadi manusia atau sebenarnya itu cuma halusinasi pembenaran di kepalanya karena memang dialah yang melakukan semua pembunuhan itu.

Sebenarnya plotnya aneh, apalagi representasi "Setan" adalah makhluk hitam bertanduk dengan kostum kulit dan berkuku panjang. Menurutku setan tidak seharusnya seharfiah itu. Setan lebih cocok disebut simbol ketimbang sebentuk fisik makhluk tertentu. Dan ide setan melahirkan anak manusia, hmmm, terlalu absurd. Lebih masuk akal kayak di Supernatural (Setan meneteskan darah mereka ke dalam mulut bayi-bayi terpilih) deh, menurut aku ya,...

Si Kangmas Jensen okeh sih mainnya, cuman dia karakternya serius dan tegang, seperti karakter Sammy di Supernatural gitu. Agak beda dengan karakter Dean yang dimainkannya yang sarkastik dan over-pede (tapi kereeeen!) Kurang bikin deg-degan sih, selain deg-degan lihat si mas Jensen, mungkin suasanan horornya bisa sedikit dipercantik (tapi bukan dengan sundel bolong atau kuntilanak ya?) Boleh deh dikasih 2,5 bintang dari 5 bintang.

2 komentar:

john joejones mengatakan...

Tapi filmnya lumayan bagus...walaupun ga sampe abis nontonya...:D
Mau cari dvdnya ga ada...susah bgt...:(

Whicita aurora mengatakan...

Tadi malem nonton di cinemax..kan kalo oktober waktunya horrorfest slma sebulan penuh! asyik..i love jensen <3